-->

Lima Hal Ini Terbukti Bisa Bikin Tambah Percaya Diri


Dalam kajian psikologi ada istilah efikasi diri. Efikasi diri merupakan kepercayaan atau keyakinan pada kemampuan diri sendiri. Kemampuan tersebut digunakan untuk mengorganisir, mengerjakan tugas, mencapai tujuan, melakukan sesuatu guna mencapai tujuan. Sederhananya, efikasi diri = kepercayaan diri. Berikut ini ada 5 hal yang bisa bikin percaya diri atau efikasi diri meningkat:

1. Selalu berpikir positif 


Penelitian membuktikan bahwa pelatihan berpikir positif mampu meningkatkan kepercayaan diri akademik para mahasiswa. Dengan berpikir positif, maka seseorang lebih bisa menghadapi situasi yang menegangkan dan bisa lebih fokus pada hal-hal yang positif. Berlatih untuk senantiasa fokus pada pikiran positif menjadi hal yang penting bagi seseorang agar lebih bisa meningkatkan perfomansinya. Ketegangan akibat pikiran yang tidak positif biasanya menjadikan seseorang tergesa-gesa, tidak konsentrasi, dan potensi dirinya tidak seutuhnya bisa keluar.

2. Perasaan akan adanya dukungan dari orang-orang terdekat


Seseorang merasa tidak percaya diri karena dia merasa tidak ada orang yang mendukungnya. Perasaan tidak adanya dukungan membuatnya merasa bukanlah orang yang kuat atau hebat. Adanya dukungan sosial dari orang lain dan dia merasa adanya dukungan tersebut menjadikan seseorang bisa lebih percaya diri. Penelitian pada penderita TBC menunjukkan bahwa adanya dukungan dari keluarga menjadi motivasi tersendiri bagi pasien untuk penyembuhannya.

3. Ingat-ingatlah pengalaman positif atau keberhasilan yang telah dilakukan


Perasaan tidak percaya diri semestinya bisa dikikis sedikit-demi sedikit. Jika diingat-ingat, pastinya masing-masing orang punya pengalaman yang berharga yang membuatnya merasa bernilai. Pengalaman positif yang menjadikan seseorang bernilai tersebut adalah modal dalam membangun kepercayaan diri. Cobalah ingat-ingat atau data sebanyak mungkin pengalaman baik dalam kehidupan ini, bayangkan kembali peristiwanya, rasakan benar-benar nyata, dan hadirkan rasa kepercayaan diri. Studi ilmiah menunjukkan bahwa sejumlah salesman mengikuti wawancara appreciativeinquiry yang bertujuan untuk menggali pengalaman positif mereka. Hasilnya, hal tersebut menjadikan para salesman meningkat kepercayaan dirinya.

4. Berlatih komunikasi secara efektif


Kepercayaan diri yang rendah tidak selalu disebabkan oleh permasalahan psikologis (pikiran negatif) tetapi bisa juga karena faktor teknis. Penelitian menunjukan bahwa latihan-latihan untuk meningkatkan softskill semacam komunikasi efektif mampu meningkatkan kepercayaan diri. Pelatihan komunikasi efektif menyediakan kesempatan untuk melatih dirinya, mengambil pengalaman positif, dan segala pengalaman ketidakberhasilan dimaknai sebagai proses pembelajaran. Hal tersebut menjadikan seseorang merasa aman untuk bertumbuh sehingga kepercayaan dirinya meningkat.

5. Konseling psikologis


Permasalahan ketidakpercayaan diri yang mengganggu dalam kasus tertentu tidak bisa ditangani sendiri, butuh bantuan profesional. Dalam kasus-kasus yang ringan, konselingteman sebaya terutama pada remaja terbukti efektif meningkatkan kepercayaan diri. Dalam kasus-kasus tertentu, datang untuk konseling pada psikolog adalah pilihan yang bisa digunakan. Orang-orang yang secara profesional mendalami sisi psikologi manusia, permasalahan, dan penangannya. Di sejumlah daerah seperti Sleman dan Kota Yogyakarta, layanan konseling psikologi bisa didapatkan di puskesmas. Hal tersebut tentu merupakan kemudahan tersendiri bagi yang membutuhkan bantuan psikologis.

Ada lima pilihan agar kepercayaan diri meningkat. Demikianlah, 5 hal yang bisa membuat tambah percaya diri. Tentunya tidak semua proses bisa dilakukan dengan mudah, butuh latihan dan konsistensi. Percayalah, semua latihan yang dilakukan dengan baik akan membuahkan hal yang baik pula. 
BERIKAN KOMENTAR ()