Termasuk Long Distance Marriage? Perhatikan Lima Hal Ini Penting Ini untuk Merawat Cinta


Menikah semestinya untuk bisa saling berdekatan. Namun demikian, bagi sejumlah pasangan, hal tersebut tidaklah mudah. Butuh proses. Mereka harus long distance marriage (LDM) karena alasan pekerjaan, studi atau tugas yang membuat intensitas dekat secara fisik minim. Walaupun sudah ada teknologi digital yang membuat bisa berkomunikasi dan bertatap muka melalui panggilan video tetapi pastilah akan sangat beda rasanya dibandingkan dengan bertemu langsung. Berikut ini lima hal penting untuk merawat cinta bagi pasangan long distance marriage:

1. Menjaga Komunikasi
Komunikasi merupakan hal yang penting dalam menjaga hubungan. Dengan komunikasi, satu sama lain bisa saling mengetahui apa yang dirasakan, apa yang dipikirkan, dan apa yang dialami. Dengan demikian, masing-masing bisa tenang dan tetap terhubung. Untuk bisa menjaga komunikasi dengan baik; masing-masing perlu mengetahui waktu-waktu longgar untuk bisa dikontak. Beragam sarana bisa digunakan untuk komunikasi. WhatsApp yang sudah menyediakan panggilan video bisa dimaksimalkan fungsinya. Untuk daerah-daerah tertentu mungkin sinyal 3G/4G masih terkendala, setidaknya panggilan melalui telpon bisa dimanfaatkan. Sekarang sudah lebih mudah pastinya.


2. Mengatur Tempat Bertemu
Ada saat-saat ketika suara dan video kurang bisa mengobati perasaan setelah lama berjauhan. Di saat demikian, pertemuan secara fisik merupakan hal yang ‘wajib’ dilakukan. Oleh karena itu, waktu untuk pertemuan bisa diatur sesuai kelonggaran masing-masing. Jarak dan waktu bisa jadi pertimbangan untuk penentuan tempatnya. Tidak sedikit pasangan long distance marriage yang melakukan pertemuan di tengah-tengah antara kota masing-masing dimana mereka tinggal, ada pula pertemuan di pelabuhan atau bandara. Pertimbangannya karena kalau harus datang ke rumah, waktu yang dibutuhkan sangat lama sehingga kurang efisien. Pilihannya mengatur pertemuan di tempat yang sekiranya lebih efisien dan tetap nyaman untuk bisa ngobrol sekalipun hanya hitungan jam. Barulah ketika, ada waktu panjang, bisa datang ke rumah.


3. Kuatkan Cinta dengan Hadiah
Hadiah bisa menjadi salah satu pilihan untuk tetap menguatkan rasa cinta ketika long distance marriage. Pemberian hadiah kepada pasangan bisa sekaligus menjadi kejutan. Ada banyak sarana yang bisa digunakan terutama dengan ramainya online shop. Sebelum membelikan hadiah dan dikirimkan, pastikan terlebih dahulu kebutuhan atau kesukaan pasangan agar hadiah yang diberikan benar-benar mengena. Setelah itu bisa pesan melalui toko online dengan tujuan kirim pada pasangan. Di toko tertentu terkadang bisa request tulisan ucapan. Hal tersebut bisa dimanfaatkan sehingga ada pesan spesial yang bisa disertakan bersama hadiah tersebut. Syukur-syukur hadiah disiapkan sendiri, dirias sedemikian rupa sehingga benar-benar spesial.


4. Optimalkan Waktu Liburan dan Cuti
Waktu liburan merupakan waktu yang sangat menggembirakan bagi pasangan long distance marriage. Liburan panjang bisa dimanfaatkan bersama dengan pasangan. Pilihannya bisa menghabiskan waktu di rumah dengan berkegiatan bersama atau tamasya ke tempat-tempat yang menyenangkan sembari berburu kuliner yang enak. Pilihan kedua ini tentunya perlu anggaran. Namun demikian, itu menjadi hal yang ringan ketika dipandang sebagai “investasi” untuk merawat cinta. Perencanaan yang baik jauh-jauh hari untuk pemesanan tiket dan hotel kiranya bisa save anggaran cukup banyak. Andai memilih pilihan pertama dengan kegiatan di rumah, bisa direncanakan jauh-jauh hari. Syukur-syukur jika bisa mengambil cuti sehingga waktu liburan lebih lama pastinya akan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi pasangan long distance marriage.


5. Saling Menjaga Amanah
Pastinya dalam rumah tangga juga memiliki tujuan dan value yang menjadi pegangan bersama-sama. Penting untuk masing-masing memahami kewajibannya terhadap pasangan. Hal tersebut merupakan amanah bagi pasangannya. Apa yang menjadi kewajiban suami adalah hak bagi istri dan sebaliknya apa yang menjadi kewajiban istri adalah hak bagi suami. Walaupun jarak merentang tetapi status sebagai pasangan tidaklah hilang. Demikian pula dengan kewajiban dan hak yang melekat padanya. Komitmen masing-masing untuk menjaga diri dan menjalankan apa yang sudah disepakati merupakan hal pokok yang terus dijaga ketika long distance marriage.


Baca Juga: Untuk Wanita yang Hanya Bisa Menunggu Harapan, Laki-laki yang Tak Kunjung Memberi Kepastian. Apa yang harus dilakukan?


Demikian lima hal penting untuk merawat cinta bagi pasangan long distance marriage. Bagaimanapun cinta itu perlu dirawat, dipupuk, disirami agar tidak layu, agar kemudian berkembang, berbunga indah, dan berbuah manis. Tentunya setiap pasangan yang menikah tidak menginginkan untuk berjauhan jarak tetapi karena keadaan maka harus dijalani. Dengan kesabaran ketika rindu sedang menggebu. Dengan keyakinan bahwa itu hanya sementara. Dengan saling percaya bahwa masing-masing saling menjaga.

BERIKAN KOMENTAR ()