-->

Biar Pasangan Makin Lengket Kayak Perangko, Pahami 5 Bahasa Cinta Ini


Cinta ibaratkan tanaman yang perlu dipelihara, disirami, dipupuk, dan dipastikan tidak ada hama atau gulma yang mengganggu. Agar cinta tetap tumbuh subur, semakin menyenangkan, dan berbuah banyak keindahan. Jika tidak dipeliharan baik-baik, jangan heran kalau nantinya layu kemudian mati atau diambil orang yang lebih bisa memeliharanya dengan baik. Biar terus terjaga kasih sayangnya, biar pasangan makin lengket seperti perangko, maka pahamilah 5 bahasa cinta menurut Dr Gary Chapman, berikut ini:

1.    Cintailah melalui kata-kata


Words of affirmation. Ada orang-orang yang merasa dicintai jika dia mendapatkan ungkapan-ungkapan yang membuatnya diperhatikan. Ungkapan-ungkapan berupa kalimat lisan atau tulisan yang menunjukkan pujian, menunjukkan kasih sayang, dukungan, dan perasaan cinta. Mungkin pernah mendapat curhatan dari teman anda bahwa pasangannya tidak cinta dia lagi. “Sepertinya dia sudah tidak cinta lagi sama aku?”, keluh teman anda.
Dulu saat awal nikah dia hampir setiap saat memuji penampilanku, mengungkapkan cinta, mengatakan bahwa aku adalah cinta sejatinya”, lanjut teman anda.
Teman anda tadi merasa dicintai ketika pasangannya mengungkapkan kata-kata atau kalimat yang membuatnya bahagia. Dia akan sangat senang ketika pasangannya sering memuji dan memberikan perhatian lewat ungkapan baik lisan maupun tulisan.

2.    Cintailah dengan menyediakan waktu bersama


Quality time. Ada tipe orang yang merasa dicintai ketika pasangannya menyediakan waktu untuk berkegiatan bersama atau menghabiskan waktu bersama-sama. Mungkin dalam istilah Jawa, “Mangan ora mangan sing penting kumpul”. Pokonya bareng-bareng terus. Penting kiranya menyediakan waktu bersama-sama; belanja bareng, masak bareng, makan bareng, liburan bareng dll. Kegiatan bersama-sama adalah momen yang sangat spesial bagi mereka yang bahasa cintanya adalah waktu berkualitas. “I want you here, with me, always forever”.

3.    Cintailah dengan memberikan hadiah


Receiving gift. Siapa sih yang tidak suka kalau diberikan hadiah? Pastinya semua orang suka diberikan hadiah tetapi bagi orang yang bahasa cintanya adalah receiving gift, hadiah itu sangat-sangat berarti baginya. Tidak memandang ukuran hadiah, besar atau kecilnya, diberikan hadiah saja itu sudah merupakan bentuk perhatian yang dianggapnya spesial. Jika ingin cinta makin lengket saja, berikanlah hadiah spesial bagi pasangan anda. Hadiah yang menjadikan dia merasa selalu diperhatikan.

4.    Cintailah dengan melayani


Acts of services. Sudah lama menjadi pasangan hidup terkadang muncul anggapan sudah saling mengerti. Tahu kalau sama-sama kerja, paham kalau sama-sama capek sehingga sungkan untuk minta dipijitin, apalagi menawarkan diri untuk mijitin. Alangkah indahnya jika saling menawarkan diri untuk bisa melayani satu sama lain. “Bagaimana kalau ayah yang buatkan teh untuk bunda?”, misalnya. “Bagaimana kalau bunda masakin ayah sesuatu yang spesial hari ini?”, misalnya. Tentulah akan semakin nempel seperti perangko manakala bahasa cinta melayani disambut dengan tepat oleh pasangan.

5.    Cintailah dengan sentuhan kasih sayang


Physical touch. Seiring bertambahnya usia pernikahan terkadang sentuhan fisik sudah semakin minim. Namun demikian, perlu dipahami bahwa bagi mereka yang bahasa cintanya adalah melalui sentuhan fisik, maka sentuhan fisik sangatlah berarti penting. “Kenapa papa tidak menggandeng tangan mama, malu ya karena mama sudah tidak muda lagi?”,  gerutu seorang wanita paruh baya. Bukannya wanita tersebut tidak tahu diri, ingin bergaya seperti anak muda tetapi sebenarnya bahasa cinta dia adalah physical touch yang harus direspon dengan tepat.

Itulah 5 bahasa cinta yang selayaknya dipahami oleh siapa saja agar pasangannya merasa selalu dicintai. Dengan demikian, pertambahan usia pernikahan akan semakin banyak hal yang membahagiakan. Cinta yang terus dipupuk, disirami, dan dijaga itu semakin menyenangkan. Pasangan yang bisa lengket seperti perangko. 
BERIKAN KOMENTAR ()