-->

Setiap Kali Matahari Terbit, Selalu Ada Kesempatan untuk Lebih Baik. Hidup Tidak Hanya untuk Meratapi Nasib


Barangsiapa yang hari ini sama dengan hari kemarin dikatakan sebagai orang yang rugi. Sama aja, rugi ya. Barangsiapa yang hari ini lebih buruk dari kemarin dikatakan sebagai orang yang celaka. Mudah-mudahan kita tidak termasuk di dalamnya. Barangsiapa yang hari ini lebih baik dari hari kemarin, itu yang dikatakan sebagai orang yang beruntung. Mudah-mudahan kita termasuk di dalamnya. Aamiin.
Biarlah masa lalu berlalu, ambil pelajaran untuk masa depan yang lebih baik. Setiap kali bangun pagi, selalu sematkan semangat di dalam hati. Katakan bahwa hari ini adalah hari yang baru, banyak keberuntungan dan kesuksesan sudah menanti. Setiap kali matahari terbit, selalu ada kesempatan untuk mengubah nasib jadi lebih baik. Berikut ini aktifitas pagi yang bisa bikin hidup lebih fresh:

Bangun pagi, bersih-bersih diri, dan sholat subuh lanjut ngaji.


Dengan bangun lebih awal seolah-olah kita memiliki tambahan waktu lebih di dalam hidup ini. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan ketika bangun pagi. Syukur-syukur sebelum subuh lalu ibadah tahajud. Bukankah ketika itu semua permohonan akan dikabulkan bagi siapa saja yang memohon? Lebih-lebih lagi ketika menghadapi jadwal yang padat dan tugas yang banyak, bangun pagi dan menyediakan waktu mengaji memberikan energi tersendiri. Ingatlah bahwa hidup ini ada yang Tuhan yang mengatur, cara menjalani kehidupan ini dengan mudah adalah selalu menjaga kedekatan dengannya, yaitu melalui ketaatan dan ibadah. Tengoklah perjalanan orang-orang sukses, pastinya mereka memiliki kebiasaan pagi yang berkualitas.

Mumpung udara masih segar, bagus kalau dimanfaatkan untuk olahraga.


Menjaga kesehatan dengan rutin olah raga merupakan hal penting. Jangan sampai permasalahan dan kesibukan menjadikan waktu untuk berolah raga. Tidak harus berat-berat sebenarnya untuk olah raga, jalan-jalan atau lari guna membakar lemak bagus untuk kesehatan, minimal sekali stretching alias peregangan otot agar tidak kaku. Pilihan lainnya yang bisa digunakan untuk menjaga kebugaran tubuh adalah relaksasi, baik relaksasi nafas maupun relaksasi otot. Relaksasi bermanfaat untuk penyegeran otak sekaligus tubuh. Oya, ingat juga untuk sarapan yang sehat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Update informasi dan ilmu. Jangan biarkan potensi otak ngangur tidak ada peningkatan.


Jangan biarkan waktu pagi berlalu begitu saja tanpa ada tambahan ilmu. Walaupun terkadang ada rasa malas akibat permasalahan kemarin-kemarin, hidup haruslah terus berlanjut. Kebiasaan menyediakan waktu pagi untuk update ilmu merupakan hal yang penting. Jangan biarkan potensi otak menganggur atau hanya terpikirkan akan masalah. Refresh dengan ilmu yang baru. Pilihannya bisa dengan membaca buku-buku yang memberikan semangat, mengunjungi website yang berisi inspirasi atau membuat media sosial guna mengikuti status teman yang sekiranya bisa membuat semangat. Pastikan yang membuat semangat ya, bukan yang justru membuat sedih. Tinggalkan berita-berita yang tidak bermanfaat, menguras emosi positif, dan hanya menimbulkan rasa tidak baik pada orang lain. Bisa juga gunakan waktu pagi untuk menuangkan ide dalam bentuk tulisan walaupun itu hanya satu kalimat dalam buku harian. Kalimat yang menggugah atau mengingatkan akan impian.

Sapa teman. Luangkan jaringan. Hidup bukan hanya untuk diri sendiri.


Berdiam diri bukan cara untuk mengubah nasib. Hidup jadi lebih baik bisa karena orang lain. Teman kita menentukan masa depan kita sehingga perlu pandai-pandai memilih teman yang bisa diajak berkolaborasi untuk saling menghebatkan. Datangnya rejeki, jalan jodoh, keberuntungan, kebaikanbisa dari teman. Bahkan informasi atau peluang kerja juga dari teman. Olehkarena itu, sapalah teman, lebih-lebih sekarang ini tersedia WA. Pastinya setiap orang setidaknya menjadi anggota 5 grup WA. Sapalah mereka dan tularkan energi positif. Jadikan WA sarana silaturahim dan kebaikan. Siapa tahu jalan perubahan nasib datang dari sana.
Itulah tips dari Psikologi Menjawab. Manfaatkan awal hari untuk menghimpun energi, siap meraih keberuntungan hari, dan merealisasikan mimpi. Hidup bukan hanya untuk beratapi nasib tapi mengubah nasib agar jadi lebih baik. 
BERIKAN KOMENTAR ()