-->

Membangun Motivasi – Membangun Motivasi Diri dan Membangun Motivasi Kerja Karyawan



Motivasi adalah pendorong perilaku yang menggerakkan individu mencapai tujuan. Motivasi yang seseorang miliki terkadang tinggi, ada kalanya menurun, fluktuatif. Lebih-lebih bagi mereka yang motivasinya karena dorongan eksternal. Perubahan yang terjadi di luar dirinya akan sangat menentukan semangatnya. Oleh karena itu, penting untuk membangun motivasi diri dan menguatkan motivasi yang sudah dimiliki. Bagi perusahaan, penting untuk mengembangkan motivasi karyawan agar perfomansi kerja terjaga baik.

Bagaimana cara membangun motivasi diri, berikut ini tips nya:
1. Motivasi Pagi
Bangun lebih awal dari biasanya. Bangun pagi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik maupun psikologi. Dengan bangun pagi, seseorang bisa mengerjakan aktifitas lebih awal, menyiapkan untuk aktifitas seharian, dan menuntaskan pekerjean rumah kemarin yang masih ada. Selain itu, bangun pagi menjadi momen untuk beribadah juga sehingga mengawali hari dengan doa dan harapan positif. Di pagi hari, udara masih segar sehingga bagus juga untuk olahraga. Semangat dimulai dari pagi hari sehingga motivasi pagi akan menentukan perjalanan aktifitas selama seharian.


2. Quotes Motivasi Semangat
Cara membangun motivasi berikutnya adalah dengan quotes motivasi semangat. Kalimat yang di dalamnya mengandung semangat dan optimisme yang kemudian diucapkan secara berulang. Dalam istilah psikologi biasa disebut dengan afirmasi positif atau auto sugesti. Dalam ilmu neurolinguitik, kata-kata positif akan mampu membangun perasaan positif. Perasaan positif adalah energi semangat dalam kehidupan. Quotes motivasi bisa dalam bentuk kata-kata motivasi yang singkat, kalimatnya positif, dan mengandung motivasi sukses. Contoh; “Yakin bisa, pasti bisa”. Selain diucapkan, kata-kata motivasi tersebut bisa juga ditempel di kamar atau tempat terlihat sehingga ketika membacanya, pikiran mengarahkan pada perasaan positif, semangat.


3. Meningkatkan Motivasi dengan Visualisasi
Selain afirmasi, meningkatkan motivasi bisa dengan visualisasi. Cara dengan duduk rileks, membayangkan keberhasilan yang pernah diperoleh atau yang ingin dicapai. Menghadirkan bayangan seolah nyata, mencoba merasakan, dan menikmatinya. Visualisasi biasa digunakan para atlet saat berlatih. Mereka membuat bayangan mental sebelum kemudian mempraktekkan gerakan fisiknya. Penelitian membuktikan bahwa visualisasi memberikan manfaat positif dalam peningkatan perfomansi atlit.



Bagaimana cara membangun motivasi kerja karyawan, berikut ini tipsnya:
1. Memberikan Apresiasi
Motivasi kerja karyawan memiliki peranan penting dalam mencapai target produksi. Cara meningkatkan motivasi karyawan dengan memberikan apresiasi atas kinerja mereka. Tidak semua apresiasi harus dalam bentuk bonus atau reward, ucapan terima kasih, uangkapan rasa bangga adalah bagian dari apresiasi yang membuat karyawan merasa dihargai. Penghargaan itulah yang menjadikan mereka ditempatkan sebagai patner penting, bukan bawahan yang seolah diperas tenaganya. Jika dimungkinkan, pemberian bonus atau hadiah bisa juga dilakukan dengan terlebih dahulu mempertimbangkan konsekuensi secara finansial perusahaan.


2. Memberikan Training Motivasi
David Mc Clelland mengemukakan pentingnya motivasi berprestasi dalam keberhasilan seseorang. Motivasi tersebut dikembangkan dengan bentuk pelatihan achievement motivation training. Pemberian pelatihan motivasi tersebut penting terutama bagi karyawan baru agar mereka memiliki semangat kerja yang tinggi. Pelatihan motivasi juga penting untuk bagian marketing, mereka inilah ujung tombak dari perusahaan. Jika marketing kinerjanya bagus, bersemangat, jualan naik, perusahaan untung besar.


3. Family Gathering
Berikutnya, cara untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan adalah dengan mengadakan acara family gathering. Acara yang melibatkan keluarga karyawan. Di sinilah keluarga karyawan akan merasa dianggap sebagai bagian dari perusahaan. Dengan demikian, akan muncul rasa bangga dan rasa memiliki terhadap karyawan. Tidak bisa dipungkiri pula bahwa keluarga merupakan motivasi yang melandasi seseorang bekerja. Karena ingin memenuhi kebutuhan keluarga, seseorang bekerja dengan keras. Mendekatkan diri dengan keluarga karyawan berarti mendekat dengan sumber energi karyawan sehingga karyawan bersemangat dalam bekerja.


Demikianlah cara untuk mengembangkan motivasi diri dan motivasi kerja karyawan. Motivasi peranannya penting baik secara personal maupun bagi perusahaan. Secara personal akan mendukung tercapainya cita-cita yang diinginkan dan secara korporasi akan mendukung peningkatan produksi atau target perusahaan. Upaya-upaya untuk meningkatkan motivasi penting dilakukan baik individu maupun tim.

BERIKAN KOMENTAR ()