-->

Lima Hal Penting yang Perlu Dilakukan Pasangan untuk Mencegah Perselingkuhan


Setiap pasangan pastinya mengharapkan kebahagiaan dalam kehidupan berumah tangga. Kebahagiaan yang dilandasi oleh saling percaya dan usaha serius masing-masing untuk memberikan hal yang terbaik bagi pasangan. Namun demikian, tentunya hal demikian tidaklah semua orang menjalaninya dengan mudah. Ada tantangan-tantangan yang dihadapi, satu diantaranya adalah kehadiran orang ketiga. Berikut ini, lima hal yang perlu dilakukan untuk mencegah masuknya orang ketiga;

1. Jaga Kualitas Komunikasi
Komunikasi merupakan hal yang penting dalam kehidupan rumah tangga. Komunikasi menjadi sarana untuk satu sama lain saling mengetahui apa yang dipikirkan, dirasakan, dan dialami oleh pasangan. Dengan demikian, satu sama lain bisa saling memahami apa yang dibutuhkan oleh pasangan. Jika ada permasalahan, adanya komunikasi yang baik akan membuat permasalahan segera terselesaikan dan mencegah permasalahan-permasalahan privasi rumah tangga bocor keluar. Jadilah orang yang pertama mengetahui kebutuhan pasangan dan penuhilah. Jadilah orang yang pertama mengetahui permasalahan pasangan dan bantulah.


2. Jagalah Kedekatan Emosional
Sebagaimana sifatnya emosi, bisa berubah ketika berhadapan dengan perubahan situasi dan kondisi. Oleh karena itu, penting bagi para pasangan untuk selalu menjaga kedekatan emosi. Kedekatan emosi berarti kesamaan frekuensi. Hal tersebut terjadi jika selalu ada interaksi, baik komunikasi atau kegiatan bersama. Disela-sela kesibukan pekerjaan dan kesibukan rumah tangga, masing-masing perlu untuk menyediakan waktu berkualitas dengan melakukan kegiatan bersama. Benar-benar bersama, ada interaksi, keterlibatan, dan emosi positif di dalamnya.


3. Ingat Kembali Komitmen Awal
Akad nikah adalah sebuah komitmen. Setelah komitmen dibuat, masing-masing memiliki tanggung jawab sebagai konsekuensi komitmen tersebut. Komitmen untuk saling memberikan dukungan, komitmen saling membahagiakan, komitmen selalu ada bagaimanapun kondisinya dst. Dengan mengingat kembali komitmen, maka akan timbul kesadaran masing-masing pihak untuk melaksanakan tanggung jawabnya, menjalankan apa saja yang menjadi kewajibannya. Hak suami adalah menjadi kewajiban istri dan hak istri adalah menjadi kewajiban suami. Oleh karena itu, dengan masing-masing menjalankan tanggung jawab dan tugasnya, maka terpenuhi lah hak masing-masing.


4. Rawatlah Cinta dengan Memberikan yang Spesial
Cinta seperti tanaman, ia perlu untuk terus dirawat agar tetap segar dan berbuah manis. Caranya merawat cinta dengan berlomba-lomba saling memberikan yang spesial. Hal sederhana adalah penampilan. Berpenampilan menarik saat bekerja itu penting dan tetap berpenampilan menarik ketika di rumah juga merupakan hal penting yang tidak boleh diabaikan. “Customer” pertama yang tidak bisa diabaikan dan penting untuk diperlakukan spesial adalah orang-orang terdekat; pasangan, anak, keluarga. Banyak orang tidak menyadari hal demikian.


5. Sikap Profesional Dalam Bekerja
Dalam bekerja, tidak bisa dihindari adanya interaksi dengan banyak pihak termasuk dalam tim kerja. Ada istilah “tresno jalaran soko kulino”, cinta tumbuh karena biasa saling jumpa. Perlu dipahami bahwa dalam bekerja perlu adanya sikap profesional. Kedekatan dalam bekerja tidak perlu untuk dibawa ke rana hubungan privat.


Demikian lima hal penting untuk mencegah adanya perselingkuhan. Masing-masing pihak perlu untuk mengupayakannya karena tidak cukup hanya dilakukan oleh satu orang saja. Dengan upaya-upaya tersebut diharapkan kehidupan dalam rumah tangga akan damai. Adanya kedamaian menjadi modal besar dalam hadirnya kebahagiaan. Semoga semua pasangan dikaruniai kebahagiaan dan kedamaian dalam rumah tangganya.

Baca Juga: Butuh Tambahan Penghasilan? Ini 7 Ide Kreatif Kerajinan Tanganyang Bisa Nambah Pemasukan, Bahkan Bisa Sampai Puluhan Juta Omzetnya


BERIKAN KOMENTAR ()