-->

Butuh Tambahan Penghasilan? Ini 7 Ide Kreatif Kerajinan Tangan yang Bisa Nambah Pemasukan, Bahkan Bisa Sampai Puluhan Juta Omzetnya




Antusiasme berwirausaha sungguh meningkat di era sekarang ini. Lebih-lebih lagi dengan tren pemasaran melalui dunia internet. Media sosial menjadi sarana yang ampuh dalam meningkatkan penjualan. Hasilnya, orderan meningkat dan jelas itu menambah penghasilan. Tidak tanggung-tanggung, omzet yang dihasilkan bisa mencapai puluhan juta. Ide kreatif, ketekunan, dan usaha keras adalah modal utamanya. Berikut ini sejumlah ide kreatif kerajinan tangan yang bisa dijadikan inspirasi:

1. Sepatu Bordir
Sepatu sudah menjadi bagian dari fashion. Bukan hanya nilai guna tetapi punya nilai kebanggan atau harga diri. Kombinasi antara bahan kulit dengan border menjadikan semakin elegan ketika dikenakan. Awetnya oke, gayanya oke, modelnya oke, dan tentunya harganya juga oke. Bahan selain kulit juga bisa digunakan, adanya bordir dan kombinasi warna yang paling penting diperhatikan.



2. Bantal Berkarakter
Lagi-lagi bukan soal fungsinya. Nilai estetis, itulah dijual. Bantal dengan berbagai karakter salah satunya. Kain yang dibutuhkan tidak banyak untuk satu bantal. Sisa kain dari pembuatan bantal bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam boneka. Pilihan warna yang cerah dan feminim seperti bisa dipertimbangkan.



3. Boneke Karakter
Mungkin ini sudah sangat familiar tetapi nyatanya ada saja produk-produk baru. Ada yang menggunakan variasi ukuran dari yang besar hingga yang kecil mungil. Ukuran kecil mungil biasanya digunakan untuk gantungan kunci. Alat dan bahannya juga sederhana sebagaimana gambar. Menarik bukan?




4. Gelang Tangan
Gelang tangan memang sesuatu yang tidak asing. Bahkan sempat tren. Namun demikian, sekarang masih tetap ada dan bertahan. Lebih-lebih jika bisa melayani perminataan tulisan sebagaimana keinginan pelanggan, itu jadi kelebihan tersendiri.



5. Bunga Hias
Modalnya hanya kertas manila dengan beragam warna. Alatnya gunting, penggaris, pensil, penghapus, dan lem. Ide bentunya bisa googling atau sesuai selera. Lumayan kalau memanfaatkan waktu senggang untuk mengerjakannya dan bisa jadi duit. Mungkin pemasarannya lebih spesifik, melakukan penawaran untuk momen-momen tertentu; wisuda, lamaran, nikahan dst.



6. Kotak Cantik
Kotak untuk menyimpan perhiasan atau tempat pensil bisa dihias sedemikian rupa. Bahan kardus, plastik, mending, rotan atau kayu bisa digunakan kemudian dihiasi dengan kertas cantik yang ditempel. Ada teknik khusus sebenarnya yang biasa dikenal dengan istilah teknik decoupage.



7. Cangkir Cantik
Cangkir keramik polos bisa diubah menjadi lebih cantik dan memiliki nilai jual tinggi. Dengan kreatifitas, kerja keras, dan ketekunan semua bisa dilakukan.




Demikian sejumlah ide kreatif kerjinan tangan yang bisa jadi inspirasi untuk menambah penghasilan. Ketersediaan modal, bahan, dan kemampuan bisa dijadikan pertimbangan dalam membuat pilihan. Ada yang modalnya kecil tetapi omzetnya besar karena pemasaran yang mengena. Semoga bermanfaat.
BERIKAN KOMENTAR ()