-->

Tetap Produktif di Masa Pensiun, Berikut 5 Aktifitas Produktifnya.



Menurut KBBI, pensiun berarti tidak bekerja lagi karena masa tugas sudah selesai. Pensiun merupakan istilah yang identik dengan tidak bekerja dan usia yang sudah mendekati lanjut. Namun demikian, bukan berarti pension menjadi penghalang untuk tetap produktif. Berikut ini sejumlah aktifitas yang jadi pilihan saat sudah pensiun bekerja:

1. Mengembangkan usaha
Dengan berhentinya bekerja karena pension tentunya yang umum jadi pikiran adalah tentang pemasukan. Jelas pemasukan yang didapatkan tidaklah sebanyak saat bekerja. Padahal di sisi lain, tidak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan hidup semakin meningkat; biaya pendidikan, kebutuhan sehari-hari, biaya menikahkan anak dst. Walaupun umumnya ada tabungan pensiun dan uang pensiun tetapi seolah tidak bisa diandalkan karena seiring berjalannya waktu akan menipis. Olehkarena itu, sejumlah perusahaan atau badan pemerintah mengadakan pelatihan persiapan pensiun berupa latihan kewirausahaan. Bagi mereka yang sebelumnya punya pengalaman atau sudah memulai berwirausaha tentunya mengembangkan usaha saat masa pensiun bisa menjadi satu alternatif. Terjun pada bidang wirausaha butuh mental yang kuat, siap menghadapi ketidakpastian, selalu siap berinovasi, dan terus belajar. Jika memiliki semangat yang demikian tadi, berwirausaha tentulah menjadi hal yang menyenangkan. Ada banyak sumber yang bisa dipelajari di dunia maya termasuk situs penjualan online yang membuka peluang bagi siapapun join di dalamnya sebagai penjual.



2. Menekuni kembali hobbi
Setiap orang tentunya memiliki hobbi. Dengan kesibukan saat bekerja, bisa jadi hobbi yang biasa dijalani terbaikan. Saat pensiun, terbuka banyak kesempatan waktu untuk kembali menekuni hobbi. Tentunya hobbi yang dikembangkan adalah hobbi yang bermanfaatan untuk menjaga kesehatan dan sejenisnya. Bagi yang suka berkebun, maka aktifitas tersebut bisa menjadi salah satu pilihan yang bisa dijalankan.


3. Menjaga dan mendidik cucu
Sebagaimana umumnya keluarga di Indonesia, pada awal pernikahan, seorang anak tidak langsung pisah rumah dari orangtuanya. Tidak sedikit mereka yang tinggal bersama sampai pada akhirnya bisa membeli rumah sendiri. Saat tinggal bersama tersebut, banyak mereka yang dikarunia cucu. Tentunya suatu kebahagiaan bagi orangtua dan eyangnya karena kehadiran anggota baru. Terlibat dalam menjaga dan mendidik cucu tanpa harus mencampuri urusan keluarga anak merupakan salah satu pilihan yang baik, lebih-lebih lagi jika anak sibuk bekerja dan lebih nyaman mengasuh sendiri daripada diasuh asisten rumah tangga.


4. Menerjuni bidang sosial dan keagamaan
Masa pensiun bukan berarti hilang dari peredaran atau hidup sendiri. Waktu yang dulunya disibukkan dengan bekerja dan keahlian yang dulunya digunakan dalam bekerja bisa dicurahkan untuk kegiatan sosial kemasyarakatan. Terjun pada komunitas-komunitas pecinta lingkungan atau komunitas yang peduli dengan masyarakat bisa menjadi pilihan. Ilmu dan pengalaman yang pernah didapatkan tentunya akan bermanfaat besar bagi komunitas juga bagi masyarakat luas. Bisa juga terlibat dalam komunitas keagamaan yang memiliki kegiatan pengembangan ruhani dan sosial kemasyarakatn. Hal tersebut akan bermanfaat tentunya baik bagi diri sendiri maupun masyakarat luas.


5. Terjun dalam dunia investasi
Tidak sedikit tawaran untuk melakukan investasi setelah pensiun. Harapannya, walaupun sudah tidak bekerja tetapi uang bisa bekerja untuknya. Perlu pengetahuan yang memadai kalau untuk berinvestasi. Berkonsultasi pada pakar keuangan atau mengajak diskusi teman yang benar-benar dipercaya bisa jadi pilihan. Tidak perlu tergiur dengan iming-iming balik modal dan keuntungan besar tanpa tahu skema yang jelas dari usaha yang dijalankan. Pemberitaan dan kasus tentang investasi bodong sudah cukup menjadi pelajaran.


Demikian sejumlah aktifitas pilihan saat sudah pensiun untuk tetap produktif. Pensiun bukanlah penghalang untuk berkarya. Justru ada kesempatan luas karena sudah tidak lagi disibukkan dengan kerja. Hal penting yang tetap diperhatikan adalah menjaga kesehatan dan kebugaran. 
BERIKAN KOMENTAR ()