-->

Jika Anda Mengalami 5 Hal Ini, Itu Saatnya Anda Perlu Berubah



Hidup memang dinamis. Ada saat semua terasa begitu cepat berubah. Teman yang dulu dekat sudah memiliki teman lain, ada yang sibuk dengan pekerjaan, dan ada pula yang sudah sibuk dengan keluarganya. Ada yang merasa sedih ketika membandingkan dengan yang lain, tampak semua sudah beranjak dan berubah sedangkan keadaan diri seolah masih biasa-biasa, belum kemana-mana, dan belum jadi apa-apa. Berikut ini, jika anda mengalami 5 hal ini, itu saatnya anda perlu melakukan perubahan:

1. Tidak lulus-lulus kuliah
Ada orang yang lulusnya cepat, ada yang lulusnya sudah mendekati akhir-akhir. Masing-masing orang memiliki perjalanan masing-masing; ada yang mudah, ada yang perlu berjuang lebih keras dst. Jika masa studi sudah semakin habis, tidak lulus-lulus kuliah, itu menandakan perlu segera berubah. Perubahan untuk memperbesar jalan menuju kelulusan; berubah lebih semangat, berusaha lebih giat, berdoa lebih berniat, dan hubungan dengan teman semakin dipererat. Rasa cemas, sedih, mungkin hampir putus asa itu ada tetapi bukan saatnya mundur. Semua pasti ada jalan.



2. Melamar kemana-mana belum juga dapat pekerjaan
Ada yang tidak melamar dan mendapatkan panggilan kerja. Ada yang sudah tidak terhitung melamar dan mengikuti proses seleksi pekerjaan tetapi belum juga mendapat pekerjaan. Jika mengalami itu, saatnya melakukan perubahan. Evaluasi dimana titik kegagalan dan lakukan perbaikan. Bertemu teman dan meminta saran bisa jadi jalan pencerahan guna melakukan perubahan. Tidak perlu berputus asa. Lelah raga biasa aja; lelah jiwa jangan segera lakukan tindakan pemulihannya.




3. Bingung kalau ditanya kapan nikahnya
Pertanyaan sulit ketika ditanya kapan nikahnya. Niat diri sudah ingin menikah. Orangtua sudah mendukung, teman sudah banyak yang ke pelaminan, pekerjaan sudah cukup menghasilkan, doa tidak kurang-kurang hanya belum dikabulkan. Calonnya belum ada, begitu singkatnya. Jika mengalami hal demikian, saatnya untuk melakukan perubahan. Adakah penampilan berpakaian yang perlu lebih diperhatikan? Adakah pembawaan diri, sikap, sopan santu yang perlu diperbaiki? Mungkinkah pergaulan perlu diperluas lagi? Atau ada penghalang dalam diri yang tidak disadari yang perlu mendapat konsultasi ahli? Saatnya melakukan perubahan.



4. Keuangan begitu-begitu saja
Tidak dipungkiri, banyak orang yang biasa didorong untuk bisa menghasilkan uang. Sekolah atau pelatihan untuk meningkatkan penghasilan. Namun demikian, berapa banyak yang memiliki kemampuan mengelola keuangan? Dapatnya sedikit, pengeluaran banyak; dapatnya banyak, pengeluaran makin banyak. Penambahan penghasilan umumnya diikuti dengan peningkatan gaya hidup dan yang terjadi penghasilan berapapun tetap saja kurang. Jika mengalami hal demikian, itu saatnya melakukan perubahan. Ubah cara pengelolaan uang. Syukur-syukur bisa pensiun lebih dini karena sudah merdeka secara finansial. Keterampilan pengelolaan uang merupakan hal penting yang seharusnya dimiliki banyak orang. Membaca buku, ikut pelatihan, memiliki konsultan keuangan atau sharing dengan teman bisa jadi jalan menuju perubahan.




5. Banyak target yang meleset
Ketika target hanya jadi target, tempelan di dinding, catatan di buku agenda tanpa ada realisasinya, itu hal yang sia-sia. Ketika target banyak yang meleset, itu menandakan ada hal yang perlu dilakukan perubahan. Adakah kemampuan diri yang perlu ditingkatkan? Adakah sumber daya yang belum dioptimalkan? Mungkinkah strategi yang perlu diperbaiki? Semua hal tersebut menjadi titik awal dalam melakukan perubahan. Adakalanya, suatu teknik yang sudah berhasil tidak cocok untuk meraih target yang lain, perlu ada perubahan.




Demikian 5 hal yang ketika mengalaminya, perlu segera melakukan perubahan. Hidup adalah perubahan. Arah dari perubahan yang juga perlu dipastikan. Jangan sampai arahnya mundur. Hendaknya anda peningkatan dari hari ke hari, dari waktu ke waktu yang menjadikannya semakin dekat dengan idealitas yang diharapkan. 
BERIKAN KOMENTAR ()