-->

Berikut 5 Hal Penting yang Orangtua Perlu Perhatikan dalam Pengasuhan Anak



Salah satu tanggung jawab orangtua pada anak adalah memberikan pengasuhan yang terbaik. Imbulan pe- dan –an dalam kata “pengasuhan” sendiri menunjukkan adanya proses. Proses dalam menjaga, merawat, mendidik, membimbing, mendampingi, melatih, mengembangkan potensi dan karakter anak. Berikut ini 5 hal penting yang orangtua perlu perhatikan dalam pengasuhan:

1. Setiap anak dilahirkan spesial
Dalam ilmu psikologi ada istilah individual differences bahwa setiap individu memiliki keunikan masing-masing. Sekalipun anak kembar, pastilah masing-masing memiliki perbedaan (keunikan) dibandingkan dengan yang lain. Lebih-lebih lagi bukan anak kembar, jelas akan banyak keunikan yang bisa ditemukan. Olehkarena itu, penting kiranya orangtua memahami bahwa anak pertama tidaklah sama dengan anak kedua dan tidak sama dengan anak ketiga dst. Masing-masing memiliki keunikan, memiliki potensi yang berbeda, minat, dan hobbi yang berbeda pula. Anak pertama mungkin dominan kecerdasan matematisnya sedangkan anak kedua dominan kecerdasan linguistiknya. Anak pertama dan kedua mungkin tipe kepribadiannya introvert sedangkan anak ketiga bisa jadi cenderung ekstrovert dst. Kenalilah keunikan dari anak anda.



2. Setiap anak ingin diperlakukan spesial
Karena setiap anak memiliki keunikan atau hal spesial masing-masing, mereka juga ingin diperlakukan spesial. Bisa jadi suatu teknik cocok untuk salah satu anak tetapi belum tentu cocok untuk anak yang lain. Anak yang ektrovert bisa jadi cukup diberikan dorongan sedikit saja sudah bisa dengan mudah bergaul tetapi anak yang introvert bisa jadi butuh dorongan lebih dan teknik lebih dari sekedar dorongan. Di sinilah orangtua dituntut untuk memiliki banyak pendekatan, teknik, ilmu, dan kreatifitas yang diselaraskan dengan keunikan masing-masing anak. Sebagai orangtua, jangan pernah bosan untuk belajar.



3. Zaman orangtua tidaklah sama dengan zaman anak
Berapa banyak orangtua yang membandingkan situasi anak sekarang dengan zamannya dahulu. “Dulu ayah ke sekolah saja jalan kaki, kamu sekali jalan kaki saja sudah mengeluh?”, demikian salah satu contohnya. Maksud orangtua baik, yaitu ingin mengajarkan anak pentingnya daya juang sekalipun sarana minim. Pesan tersebut yang seharusnya dijelaskan secara lugas agar anak tidak menganggap orangtua ketinggalan zaman atau kolot. Anak-anak memiliki pemikiran kritis, zaman dahulu bisa jadi hal yang biasa kemana-mana jalan kaki tapi kalau sekarang kemana-mana jalan kaki, tentu akan aneh. Didiklah anak sebagaimana nanti zamannya yang akan dijalani karena zaman orangtua dengan zaman anak tidaklah sama.



4. Pengasuhan merupakan tugas bersama ibu dan ayah
Pengasuhan dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah parent-ing. Ada istilah lain yang terkait, yaitu fathering dan mothering. Dengan demikian, parenting menunjukkan peran sinergis orangtua (ayah dan ibu). Jelas bahwa pengasuhan bukanlah tugas ayah saja atau ibu saja tetapi tugas keduanya. Banyak penelitian menunjukkan bahwa masing-masing ayah dan ibu memiliki peran yang berbeda dalam pengasuhan anak, saling melengkapi, dan sepertinya tidak bisa saling menggantikan.

Baca juga: Mengejutkan Fakta Terkait Bullying pada Anak-Anak.



5. Aspek perkembangan kognitif, afektif, psikomotorik, sosial, dan spiritual
Setiap anak memiliki aspek perkembangan. Ada aspek psikomotorik/fisik, kognitif/pikiran, afektif/perasaan, sosial, dan spiritual. Berapa banyak orangtua yang lebih peka terhadap perkembangan fisik tetapi seolah abai dengan aspek perkembangan yang lain? Ada orangtua yang cerewet ketika anaknya susah makan dan berat badan turun tetapi memberikan pemakluman ketika anaknya memukul teman bermainnya? Sudah selayaknya orangtua memberikan perhatian yang seimbang dalam aspek-aspek perkembangan anak. Lebih-lebih lagi jika ada ‘kurikulum’ yang disiapkan orangtua dalam memberikan stimulasi aspek-aspek perkembangan tersebut.




Demikian 5 hal penting yang orangtua perlu perhatikan dalam pengasuhan. Kehadiran anak menyadarkan pada para orangtua bahwa sebagai orangtua perlu terus meningkatkan ilmunya. Setiap orangtua tentunya berharap besar bahwa anaknya akan menjadi anak yang sukses dunia akhirat. Semua itu perlu diikhtiarkan oleh orangtua bersama dengan anak.
BERIKAN KOMENTAR ()