-->

Lima Aktifitas Ini Bisa Jadi Refrensi Kamu Buat Tahun Baru


Tahun baru menjadi momen yang ditunggu oleh banyak orang. Selain menyediakan liburan yang memungkinkan ambil cuti panjang, tahun baru juga memiliki arti ‘semangat baru’. Semangat untuk menjadi lebih baik dalam berbagai aspek kehidupan dibandingkan tahun sebelumnya. Berikut ini 5 aktifitas yang bisa kamu jadikan refrensi untuk menyambut tahun baru:

1.    Lakukan evaluasi pencapaian satu tahun terakhir
  

Evaluasi penting dilakukan untuk mengetahui sejauhmana tingkat keberhasilan yang telah diraih selama satu tahun terakhir. Berapa banyak target-target yang berhasil diraih? Target-target apa saja yang mengalami perubahan? Kendala apa saja yang dihadapi dalam meraih target? Masukan-masukan apa saja yang sekiranya dijadikan bahan masukan untuk tahun berikutnya? Pertanyaan-pertanyaan tersebut memberikan panduan sederhana dalam melakukan evaluasi demi perubahan yang lebih baik. Pencapaian target perlu diketahui agar semakin menjadikan diri bersyukur dan bersemangat. Masukan-masukan perlu dicatat guna perbaikan ke arah yang lebih baik. Sediakanlah waktu barang setengah jam untuk melakukan perenungan, flashback setahun berjalan.

2.    Buatlah daftar resolusi untuk setahun ke depan


Apakah resolusi itu? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia “resolusi” berarti pernyataan tertulis. Isinya berupa tuntutan. Dalam hal ini, membuat daftar resolusi berarti menuliskan target-target yang ingin diraih selama satu tahun ke depan. Dengan target-target yang ditulis, harapannya bisa menjadi penyemangat tersendiri untuk meraihnya. Resolusi tersebut bisa berupa; ingin menjadi apa, ingin kemana, ingin punya apa, ingin melakukan apa saja dst. Tentu setelah menuliskan, tidak kalah penting melakukan usaha terbaik dan doa terbaik untuk meraihnya. Jangan lupa, nikmati prosesnya.

3.    Berkumpul dengan keluarga


Keluarga adalah aset yang tidak boleh diabaikan. Tahun baru yang menyediakan kesempatan liburan bisa menjadi waktu yang tepat untuk bercengkrama bersama keluarga. Pilihannya bisa liburan bersama ke tempat wisata, jalan-jalan, mengabadikan momen dengan foto bersama, dan menikmati makanan bersama. Pilihannya lainnya, bisa bersantai di rumah, semua anggota keluarga berkumpul, masak-masak bersama, dan menikmati hidangan bersama.

4.    Silaturahimi teman-teman


Pepatah mengatakan, “Seribu teman itu terlalu sedikit dan satu orang musuh itu terlalu banyak”. Karena itulah, silaturahim, menjalin persahabatan, menguatkan kembali pertemanan menjadi hal yang penting. Silaturahim sebenarnya bisa kapan saja, tidak harus saat tahun baru. Namun demikian, tidak ada salahnya saat tahun baru diisi dengan agenda silaturahim, mumpung orang pada liburan atau cuti beberapa hari. Silaturahim bisa mendatangkan jodoh, rejeki, dan memperpanjang usia. Selain itu, berkumpul bersama teman, bercerita banyak hal bisa menjadikan pikiran fresh dan mendatangkan banyak peluang. Rejeki itu bisa datang dari obrolan ringan bersama teman lho.

5.    Sediakan waktu untuk diri sendiri


Menyediakan waktu untuk diri sendiri menjadi salah satu aktifitas yang bisa dilakukan untuk menyambut tahun baru. Waktu sendiri untuk bermunajat pada Allah SWT atas harapan yang diinginkan dan mengucap syukur atas segala karunia yang dia berikan. Waktu ‘diam’ untuk melegakan perasaan, menjernihkan pikiran, dan menjadikan fisik rileks.

Itulah 5 aktifitas yang bisa menjadi refrensi untuk menyambut tahun baru. Tahunnya tidak ada yang berubah sebenarnya, diri kitalah yang seharusnya berubah menjadi baru. Baru yang lebih optimis, lebih baik, lebih hebat, lebih bersyukur, dan baru dalam segala hal yang positif. 
BERIKAN KOMENTAR ()