-->

Tips Membangun Hubungan Baik untuk Kehidupan Sosial yang Lebih Sehat


Penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial dapat menangkal dampak stress karena depresi, kecemasan, dan masalah kesehatan lainnya. Dukungan sosial yang baik tentunya dapat meningkatkan kehidupan sosial Anda. Tidak heran jika membangun hubungan baik dengan orang lain dapat dijadikan cara agar kehidupan sosial Anda meningkat.
Setelah mengikuti suatu kegiatan atau komunitas baru, mungkin Anda akan berkenalan dengan banyak orang baru. Akan tetapi, ada suatu dilemma dimana Anda tidak mampu membangun hubungan yang lama dengan semua orang baru yang Anda temui. Tips membangun hubungan baik berikut ini mungkin dapat membantu Anda membangun, menjaga, dan memperkuat hubungan Anda dengan orang di hidup Anda. 

Buatlah list


Buatlah list berisikan daftar anggota keluarga dan teman Anda yang menurut Anda suportif dan memberikan dampak positif bagi Anda. Pastinya masukkan daftar orang yang Anda rasa butuh untuk berhubungan secara rutin seperti orangtua, teman dekat, atau anak yang jauh dari Anda, atau kerabat jauh yang tinggal sendiri.
                
            Komitmen


Setelah membuat list, buatlah komitmen pada diri Anda sendiri untuk menghubungi, mengirim pesan, atau bertemu dengan mereka berdasarkan jadwal yang sesuai. Cobalah untuk tetap menjangkau mereka dengan setidaknya membangun satu hubungan emosional per hari, namun direncanakan serealisitis mungkin. Jika ada hubungan jarak jauh, gunakan cara berbasis web untuk terus saling berhubungan, seperti Skype atau Facebook.
          
             Terbuka


Berbagilah tentang apa yang ada dipikiran Anda secara jujur dan terbuka. Bicarakan tentang hal yang menjadi perhatian Anda dengan terus terang, tapi tetap berhubungan. Coba untuk langsung memberitahukan apa yang Anda butuhkan, contohnya butuh untuk didengarkan secara simpati, butuh bantuan untuk memecahkan masalah, sudut pAndang yang baru, ide-ide baru, atau cAndaan. Jangan ragu untuk meminta bantuan yang Anda butuhkan. Tanya apa yang ia pikirkan mengenai situasi Anda, dan tunjukkan bahwa pendapat mereka berharga bagi Anda.
               
            Bicara dan dengarkan


Ketika Anda berbicara, dengarkanlah juga. Tanya bagaimana hari-hari yang dijalaninya, atau lanjutkan topik pembicaraan sebelumnya. Menunjukkan rasa tertarik yang sesungguhnya pada kehidupan orang lain dapat membangun hubungan dan mendengarkan apa yang menjadi perhatian orang lain dapat memberikan Anda tantangan baru. Tawarkan bantuan atau nasihat jika diminta. Dengarkan, lalu tanggapi obrolan mereka.
           
           Buat rencana sosial


Bangun kesempatan untuk menguatkan hubungan Anda dengan hal-hal menyenangkan bagi Anda dan teman Anda atau kerabat Anda. Mencari kegiatan dapat meningkatkan semangat, energi dan membuat Anda menjadi lebih produktif

Baca juga: Calon Pasangan yang Layak Diperjuangkan

Itulah tips membangun hubungan baik untuk kehidupan sosial Anda yang lebih sehat. Mungkin Anda akan menemukan diantara orang-orang yang Anda tahu, satu atau lebih orang yang dapat dijadikan teman yang bisa dipercaya, diandalkan, dan mendukung, baik saat susah maupun senang. Jika Anda merupakan orang yang pemalu dan ragu untuk bertemu orang baru, beberapa pertanyaan dapat menjalankan perbincangan. Jika Anda benar-benar tidak memiliki teman yang dapat Anda aja bicara mengenai apa yang Anda pikirkan secara rutin, tips membangun hubungan baik ini sangatlah layak diusahakan untuk membangun koneksi demi kesehatan emosional Anda. (DRD)
BERIKAN KOMENTAR ()