-->

Coba Googling, Nama Kamu Muncul di Halaman Berapa? Inilah Tips agar Nama Kamu Muncul di Halaman Pertama Mesin Pencarian

 

Kecanggihan teknologi sekarang ini menjadikan orang semakin aware akan dirinya sendiri. Banyak orang menunjukan dirinya, ada yang dengan berfoto lalu mengunggahnya di media sosial, ada yang menuliskan aktifitasnya, ada pula yang mengunggah videonya. Hal tersebut wajar saja mengingat kemajuan gadget yang ada memang menyediakan sarana itu. Sisi positifnya, ada orang yang awalnya tidak percaya diri kemudian menjadi lebih percaya diri, ada orang yang memanfaatkannya untuk jualan dan meraup uang serta masih banyak lagi. Sisi negatifnya, seolah orang berlomba-lomba menunjukkan dirinya yang terkesan ingin mengatakan, “Ini lho gue”. Kesan yang muncul adalah pamer, egois, dan narsis. Untuk sisi yang negatif ini sebaiknya kita hindari betul. Jangan sampai tujuan baik eksis di halaman pencarian google tapi orang menangkapnya justru hal yang tidak baik. Munculnya nama kita di halaman pencarian google bukan tujuannya ingin diakui atau ingin pamer tetapi bagaimana hal positif dari kita bisa orang ambil inspirasinya. “Coba Googling, Nama Kamu Muncul Tidak? Jika muncul apa isinya?” Berikut ini adalah tips dari Psikologi Menjawab agar nama kamu muncul dalam pencarian google:

Miliki akun media sosial dan buatlah nama akun tersebut sesuai dengan nama kamu.
Media sosial merupakan situs yang paling banyak dibuka oleh orang. Dengan demikian, mesin pencarian juga sudah sangat ‘mengenali ‘situs media sosial. Facebook, twitter, Linkerdin dll merupakan media sosial yang umumnya kita kenal. Walaupun sebenarnanya, masih banyak lagi situs media sosial. Buatlah akun dan bangunlah pertemanan di sana. Berbagilah hal-hal yang positif dan bermanfaat.

Punyai akun G+ yang merupakan bagian terintegrasi jika memiliki akun email dengan domain gmail.
Seperti yang kita tahu, gmail merupakan milik dari google. Dengan demikian, mesin pencarian google dengan mudah menemukannya. Saat membuat email gmail kita bisa membuat G+, blog (blogspot.com), dan youtube. Sebuah keuntungan bagi para pemiliki G+, blog dengan domain blogspot, dan youtube.

Buatlah website pribadi dan bagikanlah hal-hal bermanfaat pada banyak orang.


Website pribadi tidak harus yang berbayar. Website berbasis wordpress dan blogspot bisa menjadi pilihan bagi siapa saja yang ingin membuat website pribadi. Jika memungkinkan, namai alamat website sesuai dengan nama diri, setidaknya kombinasi dari nama diri. Kenapa jika memungkinkan? Adakalanya nama sudah dipakai oleh orang lain sehingga tidak bisa digunakan. (Kecuali namanya memang tidak ada yang menyamai). Bisa juga alamat website pribadinya sesuai dengan judul besar websitenya. Hal terpenting adalah isinya yang memberikan kemanfaatan bagi banyak orang.

Bangun channel video melalui akun youtube dan berbagilah hal bermanfaat melalui video.


Kalau kita memiliki email dengan domain gmail, kita sudah sekaligus login di youtube. Namun sayangnya, tidak semua orang membangun channel  video di akun youtube. Padahal, ada banyak layanan dari youtube yang bisa dimanfaatkan termasuk siaran langsung. Presiden SBY pernah memanfaatkannya untuk konferensi pers. Ingat, bisa jadi televisi pada masanya nanti akan ‘punah’ tergerus oleh youtube. (Prediksi aja, hehehe)

Tinggalkan jejak-jejak di dunia maya.


Tentu kita pernah mengunjungi situs-situs baik website personal, blog, channel youtube dst. Ada kolom komentar untuk memberikan umpan balik. Itulah kolom untuk meninggalkan jejak di dunia maya. Berikanlah tanggap atas artikel atau video yang ada di sana dengan bahasa yang santun. Bubuhkan link media yang kamu miliki.
Setelah melakukan beberapa hal tersebut di atas. Coba ketik nama kamu di mesin pencarian google lalu enter. Ada di halaman berapa nama kamu? Jika masih ada di halaman antah berantah, itu artinya belum jejak kamu belum banyak di dunia maya. Semoga bermanfaat. Tinggalkan jejak Psikologi Menjawab pada bagian kolom komentar di bawah tulisan ini jika kamu rasa bermanfaat. 
BERIKAN KOMENTAR ()