-->

Saat Masalah Seolah Besar, Maka ...



    Pensil yang biasa kita pegang itu terasa ringan. Kita biasa menggunakannya untuk menulis catatan atau menggambar. Tapi apakah pensil itu masih terasa ringan ketika anda diminta untuk memegangnya, menggenggamnya, menahannya seraya mengangkatnya di atas kepala selama 5 jam? Tentulah terasa pegel, melelahkan, dan berat. Demikian pula, kesedihan-kesedihan kecil yang tersimpan lama bisa menjadi beban berat. Kesedihan-kesedihan yang terlalu dihayati menjadikan beban bagi fisik, pikiran, dan mempengaruhi tindakan. “La tahzan”! Janganlah bersedih, sesungguhnya Allah SWT beserta hambaNya yang beriman. Berbuat baiklah sekalipun kecil.
Allahu Akbar! Sebutlah namaNya, Allah yang Maha Besar memiliki kekuasaan melebihi besarnya masalah yang dialami manusia. Sebuah pesan bijak, Datan serik lamun ketaman, datan susah lamun kelangan”. Jika tidak suka jangan sampai disimpan dalam hati menjadi kebencian; jika bersedih janganlah merasa berputus asa, kehilangan harapan. Hati memiliki ruangan, hanya hati yang luas dan bersih yang mampu mengelola permasalahan.
Keyakinan bahwa semua milik Allah SWT, semua akan kembali pada Sang Pemiliknya. Termasuk juga permasalahan, Allah SWT yang mendatangkan dan kepadaNya memohon penyelesaian. Allah SWT yang menurunkan penyakit, dariNya pula obat dan kesembuhan datang. Mereka yang memahami hal demikian, tiada kekhawatiran dalam dirinya. Kenikmatan menjadikannya bersyukur, cobaan menjadikannya sabar. Kesyukuran dan kesabaran mendapatkan pahala dari Allah SWT. Itulah orang-orang yang beriman. 
BERIKAN KOMENTAR ()