-->

Psikologi Menjawab Berbagi Tips Atasi Susah Tidur


“Psikologi Menjawab, minta tipsnya dong bagaimana caranya mengatasi susah tidur?”

 Suatu hari, ketika sedang beraktivitas tiba-tiba terasa mengantuk. Sesampainya di tempat tidur, kantuk malah menghilang. Waktu menunjukkan pukul 12 malam, namun mata tidak kunjung terpejam. Sambil menunggu rasa mengantuk, maka buka media sosial menggunakan smartphone. Tak terasa waktu menunjukkan pukul 4 pagi dan mata masih terbuka dengan segarnya.
Hal tersebut merupakan problematika yang sering ditemukan ketika seseorang mengalami susah tidur. Susah tidur, atau insomnia merupakan masalah pada otak dimana seseorang menjadi terus terbangun karena siklus tidur dan siklus bangun pada otak salah satunya tidak berfungsi dengan baik. Susah tidur dapat disebabkan oleh kondisi mental, kebiasaan tidur yang tidak sehat, zat-zat tertentu, dan/atau faktor biologis.
Menjaga kebiasaan tidur sehat merupakan cara yang sangat tepat untuk mengatasi susah tidur. Pastikan Anda tidak melakukan hal yang semakin membuat Anda tidak bisa tidur. Ketika Anda merasa susah tidur, mungkin tips ini bisa membantu Anda untuk mengatasinya:

Jika mata tidak bisa terpejam, maka bangunlah

Ketika mulai terasa susah tidur, maka jangan terbaring memikirkan kapan Anda akan tidur. Bangun dan lakukan hal yang dapat membuat Anda merasa santai hingga Anda merasa ngantuk dan kembali ke tempat tidur
Jangan makan
Mungkin beberapa dari Anda memiliki kebiasaan untuk makan di tengah malam, atau ketika Anda merasa susah tidur, Anda memilih makan untuk mengisi waktu. Hal tersebut dapat mengkondisikan Anda untuk terus melakukannya di kemudian hari. Sehingga bukanlah hal yang baik untuk memilih makan di malam hari karena bisa jadi seterusnya Anda akan terjaga untuk makan di tengah malam.
Biarkanlah lampu kamar Anda tetap redup
Jika Anda mengalami susah tidur, maka biarkanlah lampu Anda berada dalam keadaan gelap atau redup. Matikan atau berikan penghalang untuk menghalangi cahaya dari komputer ataupun telepon genggam Anda. Anda juga bisa melakukan lifehack dengan menggunakan kacamata hitam ketika Anda mengisi waktu susah tidur Anda dengan menonton televisi. Penggunaan kacamata hitam dapat menghalangi cahaya yang terpapar dan dapat merusak siklus tidur Anda.
Cobalah untuk relaksasi diri
Membersihkan diri, mendengarkan musik, atau melakukan beberapa gerakan yoga dapat membantu Anda untuk merelaksasikan pikiran dan raga Anda. Cara mudah lainnya adalah basuh wajah Anda dan sikat gigi sebelum tidur dan matikan lampu kamar Anda
Tentukan waktu tidur spesifik
Banyak orang yang tidak tahu kapan ia sebaiknya tidur agar mendapatkan tidur yang cukup. Jika Anda diharuskan untuk bangun pukul 5 pagi, terbangun hingga jam 1.30 tiap malamnya tentu saja menghasilkan waktu tidur yang kurang cukup. Berdasarkan informasi yang dilansir dari sleepfoundation.org, maka waktu tidur untuk orang dewasa adalah 7 hingga 9 jam. Gunakanlah standar waktu tersebut untuk menentukan waktu tidur Anda.

Itulah tips dari Psikologi Menjawab untuk untuk mengatasi susah tidur. Dengan merubah gaya hidup Anda tentunya dapat merubah kualitas tidur Anda. Jika susah tidur tetap terjadi dan mempengaruhi aktivitas Anda sehari-hari,  buatlah janji dengan psikolog untuk membantu Andamengatasi kondisi Anda.

BERIKAN KOMENTAR ()