-->

Ingin Tahu Resep Sukses Melamar Pekerjaan? Ini 5 Hal yang Perlu Diketahui ketika Melamar Pekerjaan


Bekerja di tempat yang gajinya besar dan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki merupakan kebanggaan tersendiri. Ada rasa puas yang dirasakan ketika diterima bekerja di tempat tersebut. Namun demikian, tidak sedikit orang yang melamar pekerjaan kesana kemari tetapi belum juga diterima. Berikut ini ad 5 hal yang perlu diketahui ketika melamar suatu pekerjaan. Memahami kelima hal tersebut bisa menjadi resep sukses dalam melamar pekerjaan.

1.    Ketahuilah bahwa kriteria yang ada dalam lowongan pekerjaan dibuat berdasarkan pertimbangan tuntutan tugas yang nantinya diberikan saat bekerja.


Olehkarena itu, pastikan terlebih dahulu memang memenuhi kualifikasi yang disyaratkan sebelum melamar pekerjaan yang dimaksud. Bagaimana mungkin diterima, jika kualifikasi yang dibutuhkan adalah lulusan S1 sementara ijazah yang dimiliki masih D3? Jika memang bisa berbahasa Inggris dengan lancar dan kualifikasi yang dibutuhkan menuntut kemampuan dalam berhasa Inggris, percaya diri saja untuk masukin lamaran.

2.    Pahamilah prosedur atau langkah-langkah dalam proses melamar pekerjaan dan seleksi kerja.


Pada kenyataannya, jumlah pelamar dibanding dengan jumlah lowongan pekerjaan jauh lebih banyak jumlah pelamarnya. Itulah yang menjadi salah satu alasan adanya seleksi, yaitu memilih yang terbaik dari pelamar yang ada. Langkah-langkah dalam proses melamar pekerjaan tidak jarang juga dijadikan proses seleksi. Sederhana saja, pelamar diwajibkan untuk memasukkan berkas lamaran dalam map berwarna merah, maka map-map yang berwarna selain merah sudah otomatis gugur. Tanpa harus melihat isinya, langsung disisihkan. Itu yang secara sederhana dimaksud seleksi administrasi.  

3.    Pastikanlah syarat-syarat yang dibutuhkan dan diharuskan untuk dilampirkan jangan sampai ketinggalan.


Memilih puluhan ribu orang untuk mendapatkan puluhan orang-orang terbaik tidaklah mudah. Kelengkapan secara administratif biasa juga digunakan sebagai tahapan seleksi. Hanya berkas lamaran yang komplit yang diproses ke dalam tahapan seleksi berikutnya. Bagi berkas yang tidak lengkap, maka akan otomatis tidak lolos. Olehkarena itu, penting kiranya untuk mengecek ulang kelengkapan berkas dan tatalah dengan rapi.

4.    Lowongan pekerjaan dibuat untuk mencari orang-orang terbaik yang memenuhi kualifikasi.


Jika sudah yakin kualifikasi memenuhi, maka tunjukkanlah kalau lebih layak dibandingkan dengan yang lain. Ini bukan soal janji, karena semua orang bisa berjanji akan ini dan itu jika nanti diterima. Perlu hal konkrit berupa pengalaman, kinerja, dan segala macam pencapaian yang sudah dilalui sebelumnya. Itulah bukti nyata yang ingin diketahui dari pelamar.

5.    Perlu diketahui bahwa pertanyaan-pertanyaan atau tes dalam tahapan seleksi tidak selalu membutuhkan kemampuan anda bisa menjawab atau tidak tetapi lebih pada jawaban yang menunjukkan siapa diri anda.


Berapa banyak orang yang merasa bisa menjawab pertanyaan saat seleksi kerja tetapi mereka bingung karena tidak diterima? Ada juga yang merasa kalau tahapan yang dilalui hanya obrolan yang tidak berujung dan merasa bangga karena merasa dekat dengan pewawancara. Padahal sebenarnya, pertanyaan yang diajukan adalah untuk menggali siapa diri si pelamar sebenarnya; karakternya, kemampuannya, pengalamannya, nilai hidupnya dst. Orang-orang yang perjalanan hidupnya sudah bekerja keras mengusahakan yang terbaik, pastilah tidak akan sulit melalui pertanyaan apapun itu dalam hal menggali karakter pelamar.
Itulah 5 resep sukses dalam melamar pekerjaan. Bagaimanapun, ada banyak faktor seseorang diterima atau tidak saat melamar pekerjaan. Hanya usaha terbaik diiringi dengan doa yang bisa dilakukan. Rejeki itu bisa darimana saja. 
Baca juga layanan kami.
BERIKAN KOMENTAR ()