-->

5 Kalimat Bijak yang Bikin Semangat ON lagi


Dalam ilmu psikologi ada istilah autosugesti. Orang bisa menggunakan kata-kata positif untuk mensugesti dirinya sendiri agar lebih bersemangat dan percaya diri. Kata-kata memiliki pengaruh yang tidak sederhana. Kita bisa tengok perjuangan bangsa Indonesia, teriakan kata “Merdeka!” jadi semangat dalam mengusir penjajahan. Walaupun senjata bambu runcing melawan senapan modern, nyatanya mental para pendahulu kita tidak kalah. Kita bisa baca sejarah bagaimana Bung Tomo membakar semangat arek-arek Surabaya dengan teriakan takbir, “Allahu Akbar!”. Kalimat yang menjadikan mereka memiliki semangat dan keyakinan untuk menang. Nah, berikut ini kata-kata atau kalimat yang bisa dijadikan penyemangat ketika sedang galau atau turun semangat dalam diri.

1.  Miliki pikiran yang selalu optimis, hati yang bersih, dan pola hidup yang sehat


Optimisme haruslah dimiliki setiap orang. Pikiran positif diikuti dengan keyakinan bahwa usaha baik yang dilakukan akan membuahkan hasil baik pula. Optimisme diperlukan setiap orang, lebih-lebih saat keadaan sedang memburuk. Nah, selain pikiran yang optimis diperlukan juga hati yang bersih. Hati yang tidak mudah tersinggung, tidak menyimpan dendam, dan hati yang selalu menyimpan kedamaian. Hati yang demikian menjadikan seseorang mudah meresapi hal baik yang datang kepadanya. Berikutnya adalah pola hidup sehat yang merupakan cerminan dari hati dan pikiran. Pola hidup sehat akan menentukan kesehatan dan kebugaran fisik seseorang.

2. Tumbuhkan semangat kerja yang tinggi sehingga banyak karya yang dihasilkan. Sesungguhnya, berkarya itu menyenangkan.


Pikiran yang optimis, hati yang bersih, pola hidup yang sehat, dan selanjutnya semangat kerja yang tinggi. Hidup ini adalah bekerja. Bekerja untuk kebaikan, untuk membuat karya, dan berkarya itu menyenangkan. Ada pepatah, gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belakang kalau manusia meninggalkan karya dan amal kebaikan. Karya yang seseorang buat bisa menjadi amal jariyah yang mengalirkan pahala saat karya itu terus dimanfaatkan untuk kebaikan. Olehkarena itu, semangat kerja yang tinggi tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan sesaat tetapi juga untuk berkarya.

3. Sesungguhnya waktu yang kita miliki tidak bisa kembali. Karena itu, jadikan setiap detiknya adalah amal kebaikan.


Waktu adalah modal bagi setiap orang. Modal tersebut tentunya harus dimanfaatkan untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai kebaikan. Baik bukan hanya ukuran dunia tetapi juga akhirat. Ada orang yang memiliki prinsip, waktu adalah uang. Ukuran kemanfaatan waktu dinilai dari seberapa banyak uang yang didapatkan. Waktu adalah amal kebaikan. Seberapa banyak amal kebaikan yang telah dilakukan dalam setiap detik waktunya. Barangsiapa yang hari ini lebih buruk dari kemarin, itu orang celakan. Barangsiapa yang hari ini sama dengan kemarin, itu orang rugi. Kalau mau jadi orang yang beruntung, maka jadikan hari ini lebih baik dari kemarin.

4.  Sibuknya bekerja jangan sampai melupakan hak tubuh untuk beristirahat


Setiap pekerjaan ada waktunya dan setiap bagian tubuh kita punya haknya. Salah satu hak tubuh adalah istirahat yang cukup. Kesibukan kerja terkadang menjadikan lupa diri untuk istirahat. Lebih-lebih ketika tuntutan kerja tinggi dan dikejar-kejar deadline. Tidur yang cukup, olahraga yang teratur, makanan yang bergizi adalah bagian dari hak tubuh. Jangan sampai melupakan hak tubuh untuk beristirahat.

5. Saat engkau dibuat lelah oleh urusan dunia, maka bersimpuhlah. Bersujud dan rendahkan diri di hadapan Allah SWT. Bermunajadlah memohon pertolongan padaNya.


Orang-orang yang sukses senantiasa memiliki waktu untuk orang-orang yang mereka cintai. Orang-orang yang sukses biasanya memiliki kedekatan dengan Tuhan. Mereka menyadari kelemahan dirinya dan selalu menyandarkan diri pada Allah SWT. Jika urusan dunia tidak bisa diselesaikan dengan logika dan potensi mereka, saat itulah mereka bermunajat dan memohon pertolongan. Tuhan yang membukakan jalan kemenangan.
Itulah kata-kata atau kalimat bijak yang bisa menggugah semangat. Ada pula video yangbisa menjadi inspirasi untuk bangkit dari segala permasalahan. Semoga bermanfaat. 
BERIKAN KOMENTAR ()