-->

Lima Hal Teknis Ini Jangan Sampai Membuatmu Gagal Saat Wawancara Online, Penting untuk Diperhatikan



Kemajuan teknologi memberikan pengaruh luar biasa bagi kehidupan manusia. Dalam dunia pengembangan SDM, proses seleksi sudah banyak yang serba online termasuk untuk wawancara. Hal tersebut tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi para pencari kerja. Berikut ini ada 5 hal teknis yang penting untuk dihindari agar tidak gagal saat wawancara kerja:

1. Gaptek dalam penggunaan skype
Ada banyak sarana yang bisa digunakan untuk melakukan wawancara secara online. Namun demikian, Skype umumnya menjadi pilihan yang banyak digunakan. Olehkarena itu, sebagai pelamar kerja penting untuk memahami penggunaan skype. Hal ini mungkin terkesan klise tetapi nyatanya masih banyak orang yang tidak familiar, tidak memiliki akun skype atau jarang menggunakan skype. Jangan sampai gagal wawancara kerja karena hal teknis, gaptek dalam menggunakan skype. Tidak ada solusi kecuali belajar dan praktek.



2. Koneksi internet yang tidak mendukung
Dulu orang mengungkapkan kalau sulit mendapat pekerjaan kalau tidak punya koneksi. Dulu yang dimaksud koneksi adalah kong kali kong dengan orang dalam. Sekarang koneksinya bukan itu lagi tetapi koneksinya adalah koneksi internet. Wawancara butuh waktu bisa sampai 1 jam sehingga koneksi internet yang excellence itu penting. Lebih-lebih lagi jika digunakan untuk komunikasi yang ada gambar, video, dan suara tentu koneksi internet yang stabil sangat dibutuhkan. Jangan sampai gagal wawancara kerja hanya karena tidak sadar akan kualitas koneksi internetnya. Cek wifi, kuota data atau kualitas jaringan di warnet yang digunakan. Pastikan baik dan mendukung wawancara online.



3. Alat yang tidak compatible
Smart phone memang sudah menjadi sarana umum dalam berbagai komunikasi. SMS, telpon, telegram, lebih-lebih whatsaap yang ada fasilitas video callnya. Selain itu, smart phone juga bisa dipasangkan aplikasi skype. Namun demikian, kurang pas kalau wawancara online  dengan hand phone. Lebih baik jika menggunakan personal computer atau laptop. Pastikan kameranya bagus, earphone, dan speaker yang digunakan mendukung jalannya wawancara. Jangan sampai gagal wawancara online karena kamera yang buram, suara yang tidak terdengar jelas, dan hal teknis lainnya yang disebabkan alat yang tidak compatible.




4. Tidak online saat jadwal yang ditentukan
Jangan sampai hal tersebut terjadi, baik karena lupa atau disengaja. Ada banyak orang yang tentunya diwawancarai dan jadwalnya sudah disusun sedemikian rupa. Olehkarena itu, pastikan pada jadwal yang telah diberikan sudah siap dan sudah online. Siap beberapa waktu sebelum jam yang sudah ditentukan penting sekali, lebih-lebih jika ada pegeseran jadwal (jadwal dimajukan) atau untuk mengecek alat yang digunakan dan koneksi internetnya bagus. Jangan sampai gagal wawancara online karena hal teknis, lupa tidak online pada jam yang telah dijadwalkan.



5. Penampilan yang asal-asalan
Memang saat wancara online memberikan keleluasaan memilih tempat online, termasuk di kamar tidur. Namun demikian, kurang pas rasanya jika penampilan diri tidak diperhatikan, misalnya saking santainya memakai kaos oblong dan celana pendek. Alangkah lebih elegan jika tetap berpenampilan sebagaimana wawancara off line secara langsung. Selain memberikan kepercayaan diri, penampilan yang baik akan menimbulkan kesan tentang pribadi yang baik. Jangan sampai gagal wawancara kerja hanya karena hal teknis yang sepele, yaitu penampilan yang asal-asalan.




Demikian 5 hal yang patut diantisipasi oleh para pelamar kerja jangan sampai gagal saat wawancara online karena hal teknis yang sepele. Sampai pada tahapan wawancara sudah merupakan kesempatan yang luar biasa. Sungguh disayangkan jika langkah terhenti karena hal-hal teknis yang semestinya bisa diantisipasi dengan baik. 
BERIKAN KOMENTAR ()