-->

Butuh "Mood Booster" untuk Memulai Kerja? Berikut 6 Penataan Ruangan Kerja yang Bisa Jadi Inspirasimu


Penataan ruang kerja bisa menimbulkan mood positif untuk memulai pekerjaan. Olehkarena itu, penting untuk menata sedemikian rupa ruangan kerja termasuk meja kerja dan kursi sehingga mendukung semangat kerja. Berikut ini sejumlah inspirasi penataan ruang kerja untuk meningkatkan mood positif dalam bekerja:  

1. Meja Kerja yang Bersih
Tumpukan berkas yang menggunung, alat tulis, dan peralatan kerja dalam satu meja tentunya bukan penataan yang ideal. Melihat tumpukan berkas yang menggunung saja sudah membuat tidak mood. Meja kerja yang bersih, hanya ada peralatan yang dibutuhkan, semisal; laptop, ballpoint, buku catatan, dan hand phone bisa menjadi alternatif pilihan dalam penataan meja kerja. Lebih asyik sepertinya jika ada segelas teh atau kopi yang menemani.



2. Meja Kerja di Dekat Jendela
Dengan posisi di dekat jendela memungkinkan untuk bisa melihat ke luar. Hal tersebut cukup bisa mengurangi kejenuhan pikiran lebih-lebih jika pekerjaannya butuh waktu lama di depan PC. Selain itu, dengan adanya jendela kaca memberikan kesan luas termasuk secara emosional. Saat butuh inspirasi, melihat suasana di luar jendela kadang kala bisa menghadirkan inspirasi dan memecah kebuntuan pikiran.



3. Meja Kerja dan Ruangan Serba Putih
Warna dinding dan perabotan bisa memberi pengaruh terhadap mood. Tembok putih bersih memberikan kesan luas dan pikiran yang jernih. Layakn jadi pilihan Dalam waktu tertentu butuh suasana yang demikian. Memang seolah kosong tetapi kesan luas yang ditimbulkan bisa memberikan suasana baru terutama jika terbiasa dengan ruang kerja yang padat dan tumpukan berkas yang menggunung.



4. Meletakkan Pot Berisi Tanaman untuk Kesegaran
Meletakkan pot sederhana berisi tanaman bunga bisa menjadi pilihan tersendiri. Adanya tanaman hijau menimbulkan suasana dekat dengan alam dan hijau kesegaran. Berasa bekerja tidak sendiri dengan adanya tanaman bunga. Pilihan pot bunganya bisa sesuai selera, semisal kaca bening sehingga bisa melihat tanah yang ada di dalamnya. Pastikan untuk menyiraminya setiap hari dan meletakkannya di agak tepi tetapi tetap terjaga agar tidak jatuh.



5. Penataan Buku dan Berkas
Menempatkan buku dan berkas pada rak bisa menjadi alternatif solusi untuk mengatasi berkas yang menggunung. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyingkirkan barang-barang yang tidak diperlukan. Setelah itu barulah, barang-barang yang diperlukan dilakukan penataan. Penataannya bisa dikelompok-kelompokkan dengan klasifikasi tertentu. Dalam ilmu menejemen ada istilah 5R (ringkas, rapi, resik, rawat, dan rapi). Dengan penataan yang demikian akan memberikan banyak kemanfaatan, misalnya memudahkan saat mencari berkas atau buku yang dibutuhkan.



6. Jadikan Ruang Kerja Senyaman Mungkin
Memang tampak mewah. Ruangan yang luas, ada meja kerja, ada meja dan kursi tamu serta LCD besar. Cocok jika pekerjaannya berhubungan dengan banyak orang. Lebih-lebih ruang kerjanya di lantai sekian. Letaknya yang dilantai atas akan lebih asyik jika dekat dengan jendela. Selain pencahayaannya yang cukup memberikan kesempatan untuk bisa melihat suasanya di bawah. Hal itu bisa membuat pikiran fresh kembali.




Demikian enam desain penataan ruang kerja yang bisa menjadi refrensi dalam meningkatkan mood kerja. Walaupun terkesan sederhana, tidak bisa dipingkiri bahwa mood seseorang terkadang bisa berubah karena hal-hal kecil atau sederhana. Pengaturan atau perubahan penataan meja dan kursi bisa jadi pilihan untuk menemukan mood terbaik yang diinginkan. 
BERIKAN KOMENTAR ()