-->

Hidup Sehat dengan 6 Tips Menghindari Stres


"Psikologi Menjawab, boleh tanya dong bagaimana kiat menghindari stes?"

Apakah Anda pernah terlalu sibuk hingga lupa untuk merawat diri Anda? Jika iya, Anda tidak sendiri. Banyak dari kita terlalu sibuk dengan aktivitas sehari-hari dimana kita harus mementingkan dan memposisikan kebutuhan orang lain terlebih dulu dibanding kita. Rasa peduli merupakan sifat yang mulia, namun terlalu sedikit perhatian untuk diri sendiri juga secara emosional menguras pikiran, melelahkan dan pada akhirnya tidak baik untuk diri kita sendiri, baik secara mental maupun fisik.
Kurangnya perhatian pada diri kita sendiri tentunya akan mengakibatkan stress dan berdampak pada kesehatan fisik dan mental Anda. Apakah Anda tahu istilah “me time”? Ya, itu adalah salah satu tips hidup sehat dengan meluangkan waktu hanya untuk diri kita sendiri dengan tujuan relaksasi dari segala tekanan dari aktivitas rutin Anda dan menghindari stress sesaat. Dengan pengelolaan stress yang baik, maka hidup Anda pun akan lebih sehat. Nah, berikut ini adalah 6 tips menghindari stress lainnya yang lebih mudah Anda terapkan di kehidupan sehari-hari Anda.

Bangun pagi dan pikirkan bagaimana Anda akan memulai hari-hari Anda


Peneliti menunjukkan bahwa orang yang bangun lebih pagi biasanya lebih optimis, bertanggung jawab, dan mudah dalam pemecahan masalah. Tidak salah jika ide untuk menjadi morning person atau orang yang selalu bangun dan siap beraktivitas di pagi hari merupakan hal yang baik. Mungkin butuh penyesuaian diri agar tidak menunda alarm yang akan selalu berbunyi di pagi hari.

Sadari apa yang ada di pikiran Anda, baru bertindak


Terdapat pernyataan yang mengatakan bahwa perasaan mengontrol pikiran kita. Faktanya, pikiranlah yang mendahului perasaan. Pikiran bekerja secara otomatis, cepat dan tidak disadari. Menjadi sadar akan apa yang Anda pikirkan merupakan suatu keuntungan karena Anda dapat mempelajari bagaimana mengelola pikiran Anda sehingga tidak mengendalikan tindakan atau perasaan tanpa Anda sadari yang dapat menimbulkan stress.


Luangkan waktu untuk aktivitas fisik


Menggerakan badan dapat merangsang metabolisme dan melepaskan hormon serotonin yang dapat membantu menghilangkan stress dan meningkatkan kepercayaan diri. Keuntungan lain dari berolahraga adalah menjadikan diri semakin waspada, produktif, dan kreatif sepanjang hari.

Katakan "Tidak"


Membatasi diri adalah kunci dari perawatan diri terhadap stress dan kebahagiaan. Orang yang senang membahagiakan orang lain biasanya memiliki keterbatasan waktu. Solusi bagi Anda yang terbiasa untuk membantu orang lain terlebih dahulu adalah dengan berani mengatakan tidak ketika Anda merasa butuh merawat diri Anda dari stress, dan mengatakan ya untuk hal lain yang sekiranya Anda sudah mulai siap untuk menjalaninya lagi.

Latihan pernafasan


Pernafasan yang dilakukan secara perlahan dan dalam dapat membantu Anda untuk tetap tenang dan menghindari reaksi spontan. Pernafasan juga merupakan pertahanan terbaik untuk melawan serangan panik. Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Emergency Medicine, 30% pasien yang mencari pengobatan di ruang darurat dengan keluhan sakit di dada (dan tidak terbukti mengidap penyakit) menderita gangguan panik.

Tertawa


Selera humor merupakan hal yang harus dimiliki tiap individu sebagai alat kesehatan emosional. Tertawa juga menguatkan sistem imun, meningkatkan energi, menghilangkan rasa sakit, dan melindungi Anda dari efek stress. Yang lebih penting dari itu, humor itu menyenangkan, gratis, dan mudah ditemukan
Itulah cara hidup sehat dengan 6 tips menghindari stress dari Psikologi Menjawab, Dengan tips menghindari stress tersebut diharapkan Anda dapat mengelola stress Anda dengan lebih baik dan tetap menjalani kehidupan sehari-hari Anda dengan santai, menyenangkan, dan pastinya sehat. (DRD)
BERIKAN KOMENTAR ()