-->

Saat Anda Cemas, Gunakan 5 Tips Ini


Siapa tidak pernah merasa cemas. Pastilah semua orang pernah merasa cemas. Ada kecemasan yang sifatnya sementara atau situasional. Ada kecemasan yang sifatnya lama karena rasa cemas tersebut bagian dari kerapuhan diri seseorang. Berikut ini ada 5 tips untuk melatih diri dalam mengatasi kecemasan.

1.      Autosugesti


Auto-sugesti atau sugesti diri. Semacam kata-kata positif yang dikatakan secara berulang-ulang, dihayati, dan dirasakan dengan sepenuh hati. Pada dasarnya, setiap orang melakukan autosugesti, namun tidak semuanya berisi autosugesti positif. Misalnya, ada orang yang biasa berkata, “Gawat, jadi masalah kalau seperti ini”. Akan lebih mengatakan pada diri sendiri, “Ayo sigap, pasti bisa”. Coba rasakan bedanya.

2.      Selalu Berpikir Optimis


Tips kedua adalah selalu berpikir optimis. Pikiran seseorang akan berpengaruh pada kerja fisiknya. Dalam ilmu psikologi sudah banyak dikaji korelasi antara mind and body. Pikiran yang berisi pesimisme menjadikan tubuh lemah dan tidak semangat. Akan lebih baik mengarahkan pikiran untuk selalu optimis. Hal terpenting adalah mengusahakan sesuatu dengan sebaik-baiknya, perihal hasil percayalah Tuhan akan memberikan yang terbaik. Ingat bahwa Tuhan itu Maha Adil.

3.      Visualisasi

Visualisasi memiliki peranan yang penting dalam usaha mengatasi kecemasan. Sering ketika orang merasa cemas, seolah-olah muncul bayangan negatif yang bermacam raga. Bayangan negatif itu perlu diusir jauh-jauh dan diganti dengan bayangan positif. Itulah yang disebut visualiasi. Tarik nafas, ambil posisi nyaman, dan bayangkan hal-hal yang positif.

4.      Ingatlah Pengalaman Positif


Orang merasa cemas salah satunya karena takut akan kegagalan. Kegagalan sebenarnya tidak perlu dicemaskan. Ingat-ingatlah pengalaman positif yang pernah didapatkan. Pengalaman yang memberikan energy dan keyakinan bahwa “Saya pasti bisa”. Bisa juga dengan mengingat-ingat pengalaman positif orang lain, “Jika dia bisa, saya pastinya juga bisa”. Pengalaman-pengalaman yang buruk tidak sebisa mungkin tidak perlu dihadirkan dalam pikiran. Biarkan memori tentang hal positif dan kesuksesan yang datang dan menjadikan diri lebih percaya diri.

5.      Berdo’a


Jangan lupakan doa. Ini metode yang sangat powerfull. Orang-orang yang sukses umumnya menyediakan waktu mendekatkan diri pada Tuhan. Mereka mengambil kekuatan dengan doa. Musa sebelum datang pada Fir’aun, dia berdoa agar dilancarkan bicaranya dan memohon pada Allah SWT agar diberi teman, yaitu Harun. Demikian juga Nabi Muhammad SAW, saat 300 orang melawan 313 kaum muslimin menghadapi 1000 kaum kafir. Menjelang pecah peperangan, Nabi berdoa memohon pertolongan dan kemenangan. Kita bisa buka sejarah, betapa besar kekuatan doa.
Pilihlah, satu atau dua dari 5 tips tersebut saat sedang cemas. Jika sekiranya masih kurang bisa digunakan secara bersama-sama. Perlu latihan, mungkin awalnya tidak langsung hilang cemasnya, tapi dengan keyakinan setahap demi setahap bisa enjoy dalam berbagai keadaan. 
BERIKAN KOMENTAR ()