-->

Lagi Nyari Tambahan Pemasukan? Ini Solusinya


Semakin hari, semakin melonjak aja harga-harga kebutuhan pokok. Gaji yang didapatkan setiap bulan tentunya ada yang disisihkan dalam bentuk deposito atau investasi, biar tidak habis begitu saja untuk konsumsi. Olehkarena itu, alternatif tambahan pemasukan tanpa modal besar dan tidak menyita waktu. Berikut ini 3 alternatif tambah pemasukan tanpa modal banyak.

1.      Jualan Online


Definisi Jualan Online
Zaman sudah semakin maju, salah satu kemajuan besar adalah internet. Boleh dibilang sudah semua orang menggunakan internet terutama melalui ponsel selular yang mereka bawa kemana-mana. Sampai-ampai ada istilah dunia dalam genggaman, karena dengan ponsel yang terhubung internet mereka bisa melakukan banyak hal dalam satu waktu dan bisa berkomunikasi dengan banyak orang.



Sarana Jualan Online
Media sosial yang beragam menghubungkan banyak orang baik teman lama, teman baru, bahkan orang yang awalnya tidak dikenal sama sekali dan belum pernah bertemu. Dari mereka semua, ada yang saling cocok lalu menjalin kerjasama, semisal bisnis. Baik posisinya satunya produsen, satunya agen; satunya penjual, satunya pembeli dst. Selain media sosial, ada juga aplikasi seperti WA, line, BBM dst yang sudah menjadi hal umum dimiliki banyak orang.



Langkah Jualan Online
Potensi yang bisa dimanfaatkan dari kemajuan internet adalah jualan online. Pilihannya buka toko online sendiri baik dengan blog gratisan atau membuat website. Bisa juga bergabung ke dalam situ penjualan yang ada, baik di dalam maupun di luar negeri. Kunjungi situnya dan ikuti langkah-langkahnya untuk daftar sebagai anggota. Untuk bukalapak, bisa di sini.
Selanjutnya unggah barang-barang yang akan dijual. Bagaimana mendapatkan barang-barang yang akan dijual? Barang yang dijual bisa merupakan produk sendiri. Ada kemampuan membuat barang atau ada barang miliki pribadi, itu jadi alternatif pertama barang dagangan. Jika tidak memiliki keduanya, barangnya bisa rekanan dengan orang lain yang punya barang. Sistem kulakan, yaitu punya uang lalu beli barang sebagai stok dan dijual. Bisa juga sistemnya ikut memasarkan, yaitu memasarkan barang, mengurus pembayaran dari pembeli, lalu pihak rekanan yang akan mengurus pengiriman. Ingat, barang yang dijual tetap harus patuh pada aturan. Jangan sekalipun, menjual barang yang dilarang.
Langkah terakhir adalah memasarkan. Agar orang datang, maka perlu pemasaran. Orang perlu tahu terlebih dahulu. Bagaimana orang mau beli jika tidak tahu barangnya? Karena itu, mulailah luaskan pergaulan baik tatap muka langsung maupun secara virtual. Tambahlah pertemanan dengan siapa saja karena bisa jadi mereka nantinya jadi rekanan atau pembeli. Kenalkan diri dan kenalkan produk yang dijual.

2.      Bekerja Secara Freelance

 

Pekerjaan yang bisa dikerjakan paruh waktu memang menjadi pilihan yang baik bagi siapa saja yang ingin tambahan pendapatan. Tentunya pekerjaan paruh waktu atau freelance yang sesuai dengan keterampilan yang dimiliki. Bagaimana cara memilih pekerjaan freelance yang tepat?

Freelance offline
Dulu teman saya ada yang bekerja paruh waktu sembari kuliah. Dia mencari lowongan pekerjaan paruh waktu, mengirim lamaran, tes, diterima, dan selanjutnya di sela-sela waktu free dia bekerja. Hebatnya, dia tetap bisa lulus dengan nilai IPK bagus dan masa studi yang cepat. Itu salah satu pilihan, pekerjaan paruh waktu.



               Freelance online
Sekarang ini, kemajuan teknologi sudah sangat luar biasa. Ada situs-situs yang memfasilitasi pihak yang mencari freelancer dan ada orang yang memiliki keterampilan siap jadi freelancer. Daftarlah sebagai freelancer pada situsnya. Ikut saja langkah-langkahnya dan buatlah profil yang mencerminkan kemampuan diri. Jika sudah, mulailah mencari ‘lowongan’ yang membutuhkan orang dengan keterampilan sesuai kemampuan diri. Ini sebagai contohnya. Berikan penawaran terbaik karena di sana tidak hanya satu orang yang memiliki kemampuan. Ada banyak. Pihak yang membutuhkan freelancer akan memilih sesuai dengan yang mereka cari.
Itulah alternatif cara untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Bisa dengan jualan onlie atau bekerja secara freelance. Tenang, tidak perlu minder dengan kamampuan anda. Hal terpenting adalah jujur. Itu modal yang luar biasa dalam banyak hal. 
BERIKAN KOMENTAR ()